Senin, 03 Desember 2012

Merencanakan dahulu sebelum membangun

Ada pepatah yang mengatakan bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Hal ini menandakan jika kita ingin mendapatkan hasil di akhir yang menyenangkan, maka kita perlu melakukan usaha dan kerja keras dalam memulai dan menjalani prosesnya. Walaupun jika memang akhir nya nanti tidak terlalu sesuai dengan yang kita harapkan, setidaknya ada kepuasan karena kita telah berusaha melakukan yang terbaik.

Hal ini berlaku juga ketika kita ingin membangun atau merenovasi rumah atau ruko kita. Diperlukan usaha dan kerja keras dalam merencanakan dan membangunnya agar hasilnya nanti kita akan dapat memberikan kepuasan bagi diri kita.

Langkah awal ketika kita ingin membangun atau merenovasi adalah dengan membuat rencana yang matang dengan landasan dasar-dasar yang kuat, dalam arti diperlukan penunjang ilmu dan pengalaman dalam merencanakan. Disinilah peran arsitek yang dapat membantu kita untuk merencanakan sekaligus sebagai konsultan dalam merencanakan tempat yang akan kita bangun agar sesuai dengan apa yang kita harapkan dan inginkan sekaligus juga agar dapat menghemat biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu keluar.

Tidak ada komentar: